Kamis, 17 Juni 2010

Definisi Masa Remaja :)

Suatu perilaku pada remaja masa kini yang umumnya sering diangaap tidak wajar tanpa adanya batas aturan sesuai kaidah norma, sebut saja KENAKALAN REMAJA DAN SEX BEBAS lebih gampang. Sebenernya, enggak begitu amat lho seremnya hmm ayook deh lebih cari tau penyebabnya dulu. Kasus-kasus seperti ini banyak ditemukan di jagad bumi ini, heran deh semakin canggihnya teknologi jaman sekarang banyak opini bahwa teknologi sangat besar pengaruhnya ada juga yang sering bilang internet sebagai media utama dalam kenakalan remaja. Selain itu ,ada juga yang beropini bahwa anak-anak remaja lebih sering mengikuti artis idolanya yang belum tentu benar kelakuannya ,misal berdandan mirip artis idolannya dengan memakai baju serba minim atau model rambut yang serba aneh dan berwarna. Menurut mereka ini adalah hal yang menarik agar anak remaja dibilang “anak gahol” bukan anak dengan sebutan ‘JADUUUUL’.


Masa pra-pubertas (12 - 13 tahun)

Masa ini disebut juga masa pueral,atau masa peralihan dari kanak-kanak ke remaja. Pada anak perempuan, masa ini lebih singkat dibandingkan dengan anak laki-laki. Pada masa ini, terjadi perubahan yang besar pada remaja. Di samping itu, perkembangan intelektualitas yang sangat pesat juga terjadi pada fase ini. Akibatnya, remaja cenderung bersikap suka mengkritik (karena merasa tahu segalanya), yang sering diwujudkan dalam bentuk pembangkangan ataupun pembantahan terhadap orang tua, mulai menyukai orang dewasa yang dianggapnya baik, serta menjadikannya sebagai "hero" atau pujaannya.


Masa pubertas (14 - 16 tahun)

Masa ini disebut masa remaja awal, dimana perkembangan fisik mereka begitu menonjol. sekaligus bangga bahwa mereka memang bukan anak-anak lagi. Pada masa ini, emosi remaja menjadi sangat labil akibat dari perkembangan hormon seksualnya yang begitu pesat. Biasanya ditandai dengan haid dan mimpi basah. Di samping itu, remaja mulai mengerti tentang gengsi, penampilan, dan daya tarik seksual. Karena kebingungan mereka ditambah labilnya emosi akibat pengaruh perkembangan seksualitasnya, remaja sukar diselami perasaannya. Kadang mereka bersikap kasar, kadang lembut. Kadang suka melamun, di lain waktu dia begitu ceria.


Masa akhir pubertas (17 - 18 tahun)

Pada masa ini, remaja yang mampu melewati masa sebelumnya dengan baik, akan dapat menerima kodratnya, baik sebagai laki-laki maupun perempuan. Mereka juga bangga karena tubuh mereka dianggap menentukan harga diri mereka. Masa ini berlangsung sangat singkat. Pada remaja putri, masa ini berlangsung lebih singkat daripada remaja pria, sehingga proses kedewasaan remaja putri lebih cepat dicapai dibandingkan remaja pria. Umumnya kematangan fisik dan seksualitas mereka sudah tercapai sepenuhnya. Namun kematangan psikologis belum tercapai sepenuhnya.


Periode remaja Adolesen (19 - 21 tahun)

Pada periode ini umumnya remaja sudah mencapai kematangan yang sempurna, baik segi fisik, emosi, maupun psikisnya. Mereka akan mempelajari berbagai macam hal yang abstrak dan mulai memperjuangkan suatu idealisme yang didapat dari pikiran mereka. Mereka mulai menyadari bahwa mengkritik itu lebih mudah daripada menjalaninya. Sikapnya terhadap kehidupan mulai terlihat jelas, seperti cita-citanya, minatnya, bakatnya, dan sebagainya. Arah kehidupannya serta sifat-sifat yang menonjol akan terlihat jelas pada fase ini.


Okaaaay, that's teen-age definition according to me and according to other source which I get :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar